Aku dan Gus Ipul Di Hari Pers Nasional

Meski bukan insan pers, ada kenangan yang tak bisa dilewatkan begitu saja saat Hari Pers Nasional (HPN). Waktu itu peringatan dilakukan di Lamongan dan sebagai ketua Panitianya adalah Jirin, dari Surabaya Pagi.

Acara waktu itu dihadiri Wagub yang baru terpilih yaitu Gus Ipul, saya lupa tanggalnya, dan saya diminta untuk membuat karikatur tentang gus Ipul.

Melalui seorang teman, yang sekarang sudah Alm, Adi Cahyono, saya bisa berhubungan dengan panitia saat itu dan kenal dengan Mas Jirin.

Selama dua hari saya hunting foto dengan gesture yang pas dengan karakter Gus Ipul. Akhirnya saya menemukan wajah dengan senyum yang khas mewakili Gus Ipul, sebagaimana ilustrasi di atas.

Sebenarnya sih saya bukan karikaturis, cuman seneng nggambar. Untuk menggambar wajah, saya biasanya menggambar tokoh tokoh yang punya karakter khas karena wajah seperti itu mudah di jadikan karikatur. Kebetulan sekali saat itu saya diminta untuk nggambar Gus Ipul jadi agak mudah.

Selain itu saya juga sering menggambar wajah temanku yang kebetulan ulang tahun. Karena gak punya uang sebagai hadiah ya paling aman buat sketsa wajahnya dan itu lebih personal.

Sebenarnya saat itu saya membuat karikatur wajah tiga tokoh, selain gus Ipul. Mereka adalah Bupati dan Wakil Bupati Lamongan saat itu.

Ya, meski gak mirip mirip amat, tapi karakter wajahnya sudah muncul dan bagiku dan itu sudah cukup.

Melihat Cara tertawa Gus Ipul di foto di atas saya rasa dia puas dengan hasil gambaran saya. hehehe.

Itulah sedikit kenangan yang saya punya bersama insan pers lamongan. Selamat Hari Pers Nasional untuk rekan rekan jurnalis semua. tetep netral, kritis dan ingatlah anda bekerja untuk pembaca bukan pemilik media. Begitu Bill Kovac menyitir dalam bukunya Sembilan Elemen Jurnalisme.

## Kalau mau pesan Karikatur ke Saya boleh tapi saya akan mengiyakan jika wajah Anda Punya karakter khas lho…Soal harga gampang….hahaha..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s